Warga Senior, Warga Berhikmat & Bijaksana

image source: http://Crafthubs.com

Persekutuan Warga senior adalah salah satu persekutuan katagorial yang ada di lingkungan GKPB (Gereja Kristen Protestan di Bali). Mereka yang telah berusia 60 tahun ke atas mau tidak mau ia harus menjadi anggota persekutuan warga senior. Juga mereka yang punya pasangan suami atau istri berusia 60 tahun ke atas sekalipun ia usianya belum 60 tahun maka iapun akan masuk dalam persekutuan warga senior karena suami-istri, mereka tidak lagi dua melainkan satu (Matius 19:6)

Nampaknya tidak semua warga jemaat yang sudah berumur 60 tahun ke atas bersukacita menjadi warga senior. Mungkin mereka berat hati masuk dalam persekutuan ini karena disana hanya ada kumpulan orang-orang tua dan merasa menjadi orang yang tidak berguna lagi.

Pikiran yang demikian itu tidak dapat dibenarkan sepenuhnya. Memang dari segi sosial kemasyarakatan kebanyakan warga senior sudah purna tugas ditempat dimana ia pernah mengabdikan diri baik sebagai karyawan ataupun pejabat. Namun demikian sesungguh warga senior adalah warga yang sudah matang dalam berpikir dan bertindak.

Warga senior kalau dilihat dari segi penggolongan umur maka warga senior dapat dikatagorikan kedalam golongan orang yang berhikmat dan bijaksana. Dalam penggolangan usia ada yang mengatakan bahwa orang yang berumur 0-25 tahun adalah mereka yang masih berada pada masa pertumbuhan dan pendidikan. Usia 26-40 tahun adalah termasuk golongan usia produktif. Usia 41-60 tahun adalah golongan usia mapan dan mereka yang telah berusia 60 tahun ke atas adalah orang yang berhikmat dan bijaksana.

Yesus semakin besar semakin bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya (Lukas 2:52) demikian juga seharusnya dengan kita. Semakin usia kita bertambah seharusnyalah kita bertambah hikmat dan menjadi orang yang bijaksana. Pengetahuan dan pengalaman hidup tentu menjadi guru yang terbaik yang sudah mengajarkan banyak hal kepada warga senior karena itu jadilah warga Senior yang berhikmat dan bijaksana.

Bagi bapak ibu yang akan masuk dalam persekutuan warga senior, diucapkan selamat bergabung dalam persekutuan warga senior Kristyajati GKPB. Ingatlah firman Tuhan yang mengatakan : “Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu terus, Aku menanggung kamu terus; Aku memikul kamu dan menyelamatkan kamu (Yesaya 46:4).

Oleh: Pdt. I Gusti Made Alit Purya, M.Min